Rabu, 28 Juli 2010

Information System and Technology

Definisi Sistem Informasi

è Sistem : kumpulan dari komponen-komponen sistem yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.



Sistem informasi

: Sistem yang dibangun lengkap dengan interface nya, komponennya yang bertujuan agar menghasilkan informasi yang mudah dipahami dan berguna

Informasi yang berguna yaitu informasi yang relevan, benar dan tepat waktu.



Teknologi adalah wadah bagi sistem informasi agar sistem informasi dapat berjalan dengan baik.

Literacy Sistem Informasi tidak hanya mencakup software dan teknology nya saja tetapi juga mencakup skill dan pengetahuan, pemahaman akan organisasi dan people serta analisis dan kemampuan terhadap pemecahan masalah.

Perbedaan DATA, Informasi dan Knowledge

Data à data mentah / yang belum diolah.

Informasi à Kumpulan data yang sudah diolah

Knowledge à Kumpulan informasi yang membentuk suatu understanding atau pemahaman terhadap suatu domain masalah tertentu.

Peranan sistem informasi terhadap Counter Copetitive Forces :

a. Low cost leadership : efisiensi biaya

b. Create market niche : menciptakan pasar2

c. Product differentation : menghasilkan produk yang beragam sehingga pemasarannya bisa semakin luas.

d. Linkage : Jaringan

Sistem Informasi juga bertanggung jawab dengan etika dan respon sosial.

Etika: prinsip benar atau salah yang dapat memandu sistem informasi.

Oleh sebab itu pada sistem informasi dibuat KODE ETIK. Tujuan nya melindungi suatu produk tertentu dari penyalahgunaan atau pembajakan.

BAB II

TEKNOLOGI KOMPUTER

Komputer : peralatan fisik / alat yang mengolah data sebagai input, mengolah nya melalui suatu program sehungga menghasilkan uotput berupa informasi.

Komponen Komputer :

1. CPU : pusat pemrosesan

2. Bus : saluran data

3. Storage : tempat penyimpanan data sementara

Ketiga komponen diatas akan berhubungan dengan input device, dan output device.

Pembagian Bus :

a. Data bus

b. Address bus

c. Control bus

KOMPUTER TERDIRI DARI 2 SIKLUS :

1. Siklus instruksi ( Instruction cycle/ I-cycle)

a. Pengambilan instruksi ( retrieve instruction)

b. Decode instruction

c. Place in instruction and adress registers

2. Siklus eksekusi

a. Memindahkan data ke storage area

b. ALU perform the operation

c. Hasilnya disimpan di akumulator

MEMORY CHIP , terdiri atas

1. RAM

2. ROM

3. PROM ( programmable read Only Memory / Memori yang bisa diprogram)

4. EPROM ( selain bisa diprogram juga bisa di hapus)

BAGAIMANAN DATA DIREPRESENTASIKAN ??

a. Menggunakan bilangan biner ( 0 dan 1 )

b. Sebuah bilangan biner disebut SATU BIT

c. Kumpulan bit akan membentuk satu karakter.

d. Sistem bilangan di standarisasi oleh :

- EBCDIC

- ASCII

KECEPATAN DAN UKURAN PROSESOR

1. Ukuran kecepatan prosesor dinyatakan MIPS ( million of instruction per second )

2. Kapasitas storgae diukur dalam byte

3. Word lenght à menyatakan jumlah bit yang dapat dproses dalam satuan waktu

4. Bus width à Jumlah data yang dapat disalurkan dalam satuan waktu

``

GENERASI PROSESOR

1. 1951-1958 : Tabung hampa

2. 1959-1963 : Transistor

3. 1964-1979 : IC

4. 1980an – Now : VLSIC / very large scale integrated Circuit

SUPERCOMPUTER to MICRO

1. Supercomputer

2. Mainframe

3. Minicomputer

4. Workstation

5. Microkomputer

UBIQ COMPUTING

à” Computer are everywhere but you don’t see them as computer”

è Computer ada dimana-mana tapi tidak terlihat sebagai sebuah komputer, misalnya dalam bentuk chip, atau berbentuk seperti pena.

Ambient intelligence ( kecerdasan yang tersembunyi )

merupakan gabungan dari 3 bidang ilmu :

a. Electrical engineering

b. Communication engineering

c. Computer engineering

Contoh aplikasi Ambient intelligence à smart shop (belanja cerdas)

DIGITAL DARWINISM

- Smart devices akan bertahan

- Mempunyai kemampuan untuk beradaptasi.

Peralatan / device yang tidak smart dan tidak bisa beradaptasi akan punah, ex: telegram, pager.

WIRELINE vs WIRELESS

Wireline : transmisi nya lebih bagus.

Wireline masih banyak digunakan karena transiminya lebih bagus, tetapi kelemahannya : sangat mahal dan lama dalam penambahan user.

Wireless : transmisi kurang bagus/putus-putus.

Penggunaan wireless meningkat dengan cepat, di Indonesia pengguna HP lebih banyak dari pada penggunaan internet.

Contoh aplikasi wireless:

a. Fad : WAP

b. New Applications:

- SMS

- Bluetooth

- Wireless LAN IEEE 802.11b

c. New sosial implication

- Mengganggu rapat ( karena bunyi yang dihasilkan )

- Mencontek

MEMORI :

1. Main Memory / main storage

2. Secondary Storage

Mempunyai beberapa sifat :

a. Long term storage of programs and data outside of the CPU and primary memory (RAM): penyimpanan data dilakukan dalam waktu yang lama

b. bersifat non-volatile/tidak terpengaruh oleh arus listrik.

c. Kecepatan penyimpanan data nya lebih lambat.

d. Contohnya : magnetic tape, disk and optical disk

Magnetic tape (pita magnetik)

- Mirip dengan kaset musik

- Data disimpan pada sequential order ( membacanya berurutan dari awal-akhir).

- Harganya murah

- Aksesnya lambat, karena untuk menuju record akhir harus menunggu, atau pita magnetiknya diputar manual.

Magnetic Disk

- Sudah hampir ditinggalkan penggunaannya

- Mempunyai sifat “direct akses” (bisa di akses langsung/ tidak harus berurutan).

- Kecepatan aksesnya lebih tinggi.

Optical disk

- Mempunyai kapasitas penyimpanan lebih besar daripada magnetic disk.

- Lebih tahan ( reliable ) dan tidak terpengaruh oleh magnet.

- Bahannya juga lebih tebal.

- Kelemahannya : dapat kondisi tertentu ,panas matahari bisa mempengaruhi kualitas data yang disimpan selain itu juga cepat rusak jika terkena goresan

INPUT TECNOLOGY

è Tergantung pada tipe proses nya “Batch Processing atau On-Line Processing

è Batch Processing : data dikumpulkan dulu , baru di proses, ex: seperti pada proses pemeriksaan hasil SPMB, atau pada proses penggajian.

è On-Line Processing : setelah data diinputkan, langsung diproses , contohnya : penarikan lewat ATM



1 komentar: